Arsip Islam

al-Barzanji dan Terjemahannya (Download Kitab PDF)

Nama Kitab

al-Barzanji dan Terjemahannya (Download Kitab PDF)Sebenarnya nama asli kitab ini adalah ‘Iqd al-Jawahir yang berarti Kalung Permata, atau juga ‘Iqd al-Jawhar fii Mawlid an-Nabawiyyil Azhar. Karena pengarang kitab ini lahir di tempat yang bernama Barzanj, yang merupakan sebuah tempat di daerah Kurdistan, sehingga banyak orang yang menyebut kitab ini dengan sebutan Kitab Maulid al-Barzanji. Dan hingga sekarang Kitab ini masyhur dengan sebutan Kitab Maulid al-Barzanji.

al-Barzanji dan Terjemahannya (Download Kitab PDF)

Biografi Pengarang

Nama : syaikh Ja’far bin Husain bin Abdul Karim bin Muhammad al-Barzanji.
Lahir : Kamis, awal bulan Zulhijjah tahun 1126
Tempat Lahir : Madinah Al-Munawwaroh
Wafat : Selasa, selepas Asar, pada tanggal 4 Sya’ban tahun 1177 H
Tempat Wafat : Kota Madinah
Makam : Jannatul Baqi`, sebelah bawah maqam beliau terdapat makam dari kalangan anak-anak perempuan Junjungan Nabi saw.

al-Barzanji dan Terjemahannya (Download Kitab PDF)Sayyid Ja’far Al-Barzanji adalah seorang ulama’ besar keturunan Nabi Muhammad saw dari keluarga Sa’adah Al Barzanji yang termasyur, berasal dari Barzanj di Irak. Datuk-datuk Sayyid Ja’far semuanya ulama terkemuka yang terkenal dengan ilmunya, amalnya, keutamaannya dan juga keshalihannya. Beliau mempunyai banyak sifat yang baik diantaranya yaitu akhlak yang terpuji, jiwa yang bersih, pemaaf, pengampun, zuhud, amat berpegang teguh dengan Al-Quran dan Sunnah, wara’, banyak berzikir, sentiasa bertafakkur, dan mendahului membuat kebajikan bersedekah serta bersifat pemurah.

Berikut nama-nama nasab beliau :

  1. Sayid Ja’far
  2. Hasan
  3. Abdul Karim
  4. Muhammad
  5. Sayid Rasul
  6. Abdul Sayid
  7. Abdul Rasul
  8. Qalandar
  9. Abdul Sayid
  10. Isa
  11. Husain
  12. Bayazid
  13. Abdul Karim
  14. Isa
  15. Ali ibn Yusuf
  16. Mansur
  17. Abdul Aziz
  18. Abdullah
  19. Ismail
  20. Al-Imam Musa Al-Kazim
  21. Al-Imam Ja’far As-Sodiq
  22. Al-Imam Muhammad Al-Baqir
  23. Al-Imam Zainal Abidin
  24. Al-Imam Husain
  25. Sayidina Ali r.a.

al-Barzanji dan Terjemahannya (Download Kitab PDF)Sejak dini beliau sudah belajar Al-Quran dari Syaikh Ismail Al-Yamani serta belajar ilmu tajwid dan menyempurnakan bacaan al-Quran dengan Syaikh Yusuf As-So’idi dan Syaikh Syamsuddin Al-Misri.

Dibawah ini diantara guru-guru ilmu agama dan ilmu syariat beliau adalah :
  1. Sayid Abdul Karim Haidar Al-Barzanji
  2. Syeikh Yusuf Al-Kurdi
  3. Sayid Athiyatullah Al-Hindi


al-Barzanji dan Terjemahannya (Download Kitab PDF)Dari hasil belajarnya, sehingga beliau mampu menguasai berbagai fan ilmu, diantaranya yaitu :

  1. Shoraf
  2. Nahwu
  3. Manthiq
  4. Ma’ani
  5. Bayan
  6. Adab
  7. Fiqh,
  8. Usulul Fiqh
  9. Faraidh
  10. Hisab
  11. Usuluddin
  12. Hadits
  13. Usul Hadits
  14. Tafsir
  15. Hikmah
  16. Handasah
  17. A’rudh
  18. Kalam
  19. Lughah
  20. Sirah
  21. Qiraat
  22. Suluk
  23. Tasawuf
  24. Kutub Ahkam
  25. Rijal
  26. Mustholah

al-Barzanji dan Terjemahannya (Download Kitab PDF)Syaikh Ja’far Al-Barzanji merupakan seorang Qodhi atau hakim dari golongan madzhab Maliki di Madinah yang merupakan salah seorang keturunan (buyut) dari cendekiawan besar yaitu Muhammad bin Abdul Rasul bin Abdul Sayyid Al-Alwi Al-Husain Al-Musawi Al-Saharzuri Al-Barzanji (1040-1103 H / 1630-1691 M) dan juga seorang Mufti Agung (pemberi fatwa) dari madzhab Syafi’i di Madinah. Beliau berasal dari Shaharzur, kota kaum Kurdi di Irak, yang kemudian mengembara ke berbagai penjuru negeri sebelum akhirnya beliau bermukim di Kota Sang Nabi.

Guru-guru beliau sebelum bermukim di Kota sang Nabi, diantaranya :

  1. Syaikh Athaallah ibn Ahmad Al-Azhari
  2. Syaikh Abdul Wahab At-Thanthowi Al-Ahmadi
  3. Syaikh Ahmad Al-Asybuli.

Beliau juga telah diijazahkan oleh sebahagian ulama, antaranya :

  1. Syaikh Muhammad At-Thoyib Al-Fasi
  2. Sayid Muhammad At-Thobari
  3. Syaikh Muhammad ibn Hasan Al A’jimi
  4. Sayid Musthofa Al-Bakri
  5. Syaikh Abdullah As-Syubrawi Al-Misri.
  6. Syaikh Ja’far Al-Barzanji

al-Barzanji dan Terjemahannya (Download Kitab PDF)Selain terkenal sebagai mufti, beliau juga termasuk khatib dari Masjid Nabawi dan mengajarkan ilmu yang dimilikinya di dalam masjid yang mulia tersebut. Beliau bukan hanya terkenal dengan ilmu, akhlak dan taqwanya saja, melainkan juga terkenal dengan kekeramatan dan kemakbulan doanya sehingga penduduk Madinah sering meminta kepada beliau untuk berdo’a agar diberi hujan pada musim-musim kemarau.

Isi Kitab

Kitab ini berisi suatu Khulasah atau ringkasan Sirah Nabawiyah yang meliputi :

  1. Kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW, yang ditandai dengan banyak peristiwa ajaib yang terjadi saat itu, sebagai genderang tentang kenabiannya dan pemberitahuan bahwa Nabi Muhammad adalah pilihan Allah.
  2. Pengutusan Muhammad sebagai Rasul
  3. Hijrah Nabi Muhammad SAW
  4. Akhlaq Nabi Muhammad SAW
  5. Peperangan Nabi Muhammad SAW
  6. Wafat Nabi Muhammad SAW

al-Barzanji dan Terjemahannya (Download Kitab PDF)Dalam kitab ini riwayat Nabi saw digambarkan dengan bahasa yang indah dalam bentuk syair puisi dan prosa (nasr) dan kasidah yang sangat menarik. Secara garis besarnya kita dapat mengatakan bahwa karya Syaikh Ja’far Al-Barzanji ini merupakan bentuk tulisan biografi Nabi Muhammad saw yang puitis.

Secara keseluruhan, karya ini terbagi dua :

  1. Natsar, yang terdiri dari 19 sub bagian yang didalamnya termuat 355 untaian syair, dengan tiap-tiap rima akhirnya berbunyi “ah”. Seluruhnya isinya berdasarkan pada riwayat Nabi Muhammad saw, dari mulai saat menjelang Nabi Muhammad saw akan dilahirkan sampai pada masa ketika Nabi Muhammad saw mendapat tugas kenabian.
  2. Nadhom, terdiri dari 16 bagian yang memuat 205 baris syair, dengan mengolah rima “nun” pada akhir kalimahnya.

al-Barzanji dan Terjemahannya (Download Kitab PDF)Dalam untaian prosa lirik atau sajak prosaik itu, terasa sekali bahwa adanya keterpukauan sang penyair pada sosok dan akhlak Nabi Muhammad SAW. Misalnya dalam bagian Nadhomnya, beliau mengungkapkan sanjungan kepada Nabi pujaan” Engkau mentari, Engkau rebulan dan Engkau cahaya di atas cahaya“.

Sejarah Kitab

al-Barzanji dan Terjemahannya (Download Kitab PDF)Pada masa Sultan Salahuddin Yusuf Al-Ayyubi pada peringatan Maulid Nabi yang pertama kali yaitu pada tahun 1184 (580 H), Sultan memprakarsai kegiatan maulid dengan menyelenggarakan kegatan sayembara untuk menulis riwayat Nabi beserta puji-pujian bagi Nabi dengan bahasa yang seindah mungkin. Sastrawan dan seluruh ulama pada waktu itu diundang untuk mengikuti sayembara tersebut. Dan hasil dari sayembara tersebut yang menjadi pemenang yang menjadi juara pertama adalah Syaikh Ja`far Al-Barzanji.

al-Barzanji dan Terjemahannya (Download Kitab PDF)Tidak disangka, ternyata peringatan Maulid Nabi yang telah diselenggarakan oleh Sultan Salahuddin itu membuahkan hasil yang positif yang menjadikan semangat umat Islam dalam menghadapi Perang Salib menjadi bergelora kembali. Sultan Salahuddin berhasil mengumpulkan kekuatan perang, walhasil pada tahun 1187 (583 H) Yerusalem dapat direbut oleh Sultan Salahuddin dari tangan bangsa Eropa, dan Masjidil Aqsa dapat menjadi masjid kembali, sampai hari ini.



Tambahan tentang Kitab

al-Barzanji dan Terjemahannya (Download Kitab PDF)Kitab ini merupakan kitab maulid yang paling popular dan paling luas tersebar ke pelosok-pelosok negeri Arab dan Islam, baik daerah Timur maupun daerah Barat. Bahkan banyak juga dari kalangan bangsa Arab dan non-Arab yang menghafalkannya dan mereka membacanya dalam acara keagamaan yang sesuai, seperti pada peringatan maulid Nabi.

Kitab Al-Barzanji ini ditulis dengan tujuan untuk meningkatkan rasa cinta kita kepada Rasulullah SAW dan untuk dapat meningkatkan gairah umat islam.

al-Barzanji dan Terjemahannya (Download Kitab PDF)Salah satu hal yang mengagumkan yang berhubungan dengan karya Ja’far Al-Barzanji ini adalah dalam kenyataannya sampai sekarang karya tulis ini masih berlanjut di pakai sesuai dengan fungsinya sebagai bahan bacaan. Dengan seluruh potensinya, karya ini juga ikut memberikan andil dalam membentuk tradisi dan mengembangkan kebudayaan yang sesuai dengan cara umat Islam diberbagai negeri dan daerah untuk menghormati sosok dan perjuangan Nabi Muhammad saw.

al-Barzanji dan Terjemahannya (Download Kitab PDF)Al-’Allaamah Al-Faqih Asy-Syaikh Abu ‘Abdullah Muhammad bin Ahmad yang terkenal dengan panggilan Ba`ilisy yang wafat tahun 1299 H telah mengsyarahi dengan satu syarah yang memadai, yang cukup elok dan berguna, syarah tersebut yang dinamakan dengan ‘Al-Qawl Al-Munji ‘ala Mawlid Al-Barzanji’ yang cetakannya telah banyak diulang dan diperbanyak di Mesir.
Tebarkan Kemanfaatan
Tentang Kontak Kebijakan Ketentuan