Arsip Islam

Pendidikan Diniyah Formal (PDF) yang Diresmikan Kementerian Agama

Kementerian Agama Republik Indonesia meresmikan sekolah berbasis pesantren yakni PDF (Pendidikan Diniyah Formal) untuk tingkat Ula (sederajat dengan SD atau MI), tingkat Wustho (sederajat dengan SMP atau MTs) dan tingkat Ulya (sederajat dengan SMA, MA dan SMK). Acara peresmian sekolah berbasis pesantren (Pendidikan Diniyah Formal) tersebut diadakan di pondok pesantren Minhaajurrasyidin, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Adanya hal tersebut menandakan adanya komitmen pemerintah dalam mengakui resminya pendidikan yang diadakan oleh pesantren.

Pada tahun pertama, 12 PDF dari tingkat Wustho dan Ulya telah diresmikan oleh Kementerian Agama dengan menyerahkan Surat Keputusan izin operasional setelah pihak pesantren memenuhi berbagai persyaratan.Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sebagaimana yang telah disampaikan oleh Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren yakni Muhsen menerangkanbahwa pendidikan berbasis pesanren penting untuk merespon fenomena ulama yang semakin langka.

Daftar Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Sekolah Berbasis Pesantren yang Diresmikan Kementerian Agama

Imbuhnya, adanya upaya legalitas itu sendiri tidak akan menjadikan satuan pendidikan tersebut hilang akan karakter pesantrennya. Pendidikan Diniyah Formal (PDF) tersebut akan tetap focus dengan mengajarkan kitab kuning akan tetapi bersifat formal, sehingga lulusan dari Pendidikan Diniyah Formal atau PDF akan tetap mempunyai ijazah yang legal dan diakui oleh negara sebagaimana lulusan dari sekolah-sekolah umum dan madrasah.


Setelah diresmikannya Ma’had Aly yang setara dengan perguruan tinggi islam ataupun umum dan peresmian ini merupakan sebagi langkah lanjutannya, sehingga para santri di pondok pesantren akan bias tetap fokus dalam mengkaji kitab kuning dari tingkatan Ula yang setingkat dengan SD atau MI sampai dengan Ma’had Aly yang setingkat dengan Perguruan Tinggi dengan tanpa bingung tentang ijazah yang formal. Karena ijazah PDF (Pendidikan Diniyah Formal) dari semua jenjang ini telah diakui oleh pemerintah.

Berikut ini PDF (Pendidikan Diniyah Formal) dari semua jenjang yang telah diresmikan dan diberikan Surat Keputusan untuk izin operasionalnya oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

PDF (Pendidikan Diniyah Formal) tingkat Wustho dan Ulya :
  1. Walindo Manbaul Ulum - Pekalongan, Jawa Tengah.
  2. Al-Munawaroh - Pekanbaru, Riau.
  3. Minhaajurrasyidiin - Lubang Buaya, Jakarta Timur.


PDF (Pendidikan Diniyah Formal) tingkat Wustho :
  1. Apik - Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah.
  2. Al-Mubarok - Wonosobo, Jawa Tengah.
  3. Nurul Qadim - Probolinggo, Jawa Timur.
  4. Al-Fitrah - Surabaya, Jawa Timur.


PDF (Pendidikan Diniyah Formal) tingkat Ulya :
  1. Al-Falah - Jepara, Jawa Tengah.
  2. Salafiyah - Parake, Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Djarot Saiful Hidayat (Wakil Gubernur DKI Jakarta), Ahmad Zayadi (Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Pendidikan Diniyah), KH Syukron Makmun (Pengasuh Pesantren Darurrohman), Abdurrahman (Kakanwil Kemenag DKI Jakarta), Nur Faizi Suwandi (Ketua Yayasan Minhaajurrasyidiin), KH Syarifuddin Abdul Ghani (Ketua MUI DKI Jakarta), KH Asy’ari Akbar (Pengasuh Pesantren Minhaajurrasyidin) serta Asosiasi Pondok Pesantren se-DKI Jakarta.

Senin, 01 Agustus 2016 | Sumber
Tebarkan Kemanfaatan
Tentang Kontak Kebijakan Ketentuan