Arsip Islam

Santri Starter Pack

Jika kalian merupakan santri tentunya akan tidak asing lagi dengan pembahasan kali ini, bahkan kalian sudah membayangkan bagaimana persiapan dan apa saja barang-barang awal santri yang akan berangkat ngaji.

Santri Starter Pack

Akun instagram resmi Pondok Pesantren Nurul Ummah dengan kekreativitasan adminnya, akun tersebut mengupload foto santri yang di bubuhi berbagai keterangan yang membuat foto tersebut mengingatkan para alumni pondok pesantren.



Bagaimana ??? lucu atau keren ?

Kendati demikian, tidak semua santri seperti itu lho...
Karena ini adalah guyon ala santri.

Keterangan-keterangan dalam gambar tersebut yaitu :


Peci warisan
Alumni pesantren yang pernah menerima peci warisan pasti senyum-senyum sendiri nih...
Peci warisan merupakan peci yang diberikan oleh santri yang sudah tidak dipondok lagi (boyong). Karena biasanya sebelum santri boyong maka akan memberikan barang-barangnya kepada teman-temannya, bahkan juga ada santri yang meminta barang-barangnya keada santri yang akan boyong tersebut. Barang-barang tersebut bagi mereka adalah suatu kenang-kenangan.

Senyum karena prinsip hidupnya "ta" boleh cemberut
Itu gambarnya senyum gak yah...
Yang jelas mereka itu tahu bahwa senyumnya terhadap saudaranya adalah suatu nilai ibadah. Ditambah lagi materi yang ia pelajari dalam proses ngajinya yaitu tidak hanya bab ghodob (marah) sajah, melainkan seluruh bab, Shobar (sabar), tawakal dsb.

Pena hi-tech c pilot "bukan endorse lho"
Ini nih pulpen yang kalau jatuh menjadikan santri galaunya setengah mati.
Pulpen tersebut adalah pulpen yang mempunyai ujung pena sangat kecil sehingga apabila jatuh dan ujung pena tepat mengenai lantai maka pulpen tersebut tidak akan bisa digunakan lagi.
Ujung pena yang sangat kecil dipilih karena kegiatan santri sehari-hari yaitu Ngapsahi (memberi makna pada kitab kuning) sehingga sangat dibutuhkan sekali goresan pena yang kecil agar tidak menjadikan kotornya kitab oleh tulisan-tulisan yang besar menghalangi tulisan kitabnya.

Kitab Baru, yang belum dibayar
Kemungkinan besar karena belum dapat kiriman nih,,,
Biasanya pesantren memberikan keringanan kepada santri yang memang belum mempunyai uang untuk membayar kitab barunya.
Tapi jangan lupa yah...

Baju Sopan Walaupun belum disetrika yang menutup aurat
Bagi santri baju lusuh lebih baik daripada baju semahal apapun yang apabila dipakai tidak menunjukan kesopanan dan menutupi aurat.
Ada juga lho santri yang jarang nyuci pakaian...
Kalau yang digambar itu sudah dicuci belum yah,,,

Sarung Tujuh hari tujuh malam tidak dilepas
Bagi kalangan non santri paling lama memakai sarung kira-kira hanya beberapa saja, ada juga yang memakai sarung ketika sholat saja.
Berbeda dengan santri yang tiap harinya memakai sarung, makanya mereka sering disebut kaum sarungan.

Nyeker Yang penting gak gosob dan menyatu dengan alam
Yang paling penting yaitu tidak Gosob (meminjam tanpa izin terlebih dahulu).
Bangunan-bangunan lingkungan pesantren biasanya sangat ramah sekali dengan keadaan santri, biasanya didepan bangunan terdapat kolam besar untuk mencuci kaki bagi para santri yang tidak memakai sandal, kalau tidak biasanya terdapat kran air.

Itu hanya sebagian saja dari keunikan santri, bagaimana apakah kalian tertarik dengan dunia santri, bagi yang belum pernah mondok/mesantren maka #AyoMondok
Tebarkan Kemanfaatan