Arsip Islam

Arti Istiqomah dalam Islam beserta Contoh (Keep Istiqomah ! Cinta !)

Seringkali kita dengar kata istiqomah dalam berbagai kegiatan, khususnya dalam aagama islam, namun sebenarnya apa sih Arti Istiqomah dalam Islam ? Banyak sekali orang orang yang belum mengerti Arti Istiqomah dalam Islam, terkadang orang islam sendiri juga belum mengetahui Arti Istiqomah dalam Islam tersebut.

Arti Istiqomah dalam Islam beserta Contoh Keep Istiqomah Cinta

Makna Istiqomah versi Islam dalam tafsir ‘Aisar dijelaskan bahwa Arti Istiqomah didalam Agama Islam yaitu mereka yang benar-benar percaya akan kebenaran agama islam dan tidak akan mengganti dengan keyakinan lain, serta terus menerus dan berkelanjutan dalam melaksanakan ibadah dan amaliyah serta menghindari kemungkaran, dengan mengamalkan Arti Konsisten dalam Islam maka malaikat akan turun kepadanya 2 kali.

Keterangan tersebut merupakan tafsir dari Al-Qur’an surat Fushilat ayat 30 yang kami tulis dibawah ini :

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنتُمْ تُوعَدُونَ
Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami adalah Allah kemudian mereka istiqomah pada pendirian mereka, maka malaikat turun kepada mereka (dengan mengatakan): “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih dan bergembiralah kamu (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu”. (Q.S Fushilat: 30)

Ayat diatas kemudian diperkuat oleh satu hadits dibawah ini:


Ada Seorang sahabat yang bertanya kepada Nabi SAW: “Wahai Rasulullah SAW tolong ajarkan kepadaku sesuatu yang sangat penting dalam agama islam dan saya tidak akan pernah bertanya lagi kepada siapapun. Rasulallah menjawab: “Katakanlah aku beriman kepada Allah SWT, setelah itu istiqomah (Konsisten dalam mengerjakankan perintah allah SWT dan mejauhi laranganNya).

Contoh Istiqomah (Pendapat Ulama)


Dari keterangan diatas kita dapat memperluasnya lagi dengan menggunakan pengertian-pengertian istiqomah (contoh istiqomah) dari para sahabat dan para ulama dibawah ini, sehingga kita dapat memahaminya lagi secara maksimal :

  • Abu Bakar Ash-Shiddiq R.A : Istiqomah itu tidak menduakankan Allah dengan sesuatu apapun juga.
  • Umar bin Khattab R.A : Istiqomah itu hendaknya dilakukan untuk bertahan dalam satu perintah atau larangan dan tidak berpaling dari yang lain layaknya seekor musang.
  • Utsman bin Affan R.A : Istiqomah artinya ikhlas.
  • Ali bin Abi Thalib R.A : Istiqomah adalah menjalankan suatu kewajiban.
  • Dari Ibnu Abbas R.A : Istiqomah mempunyai 3 macam makna :
    1. Istiqomah dengan lisan (Bertahan terus menerus dalam melafalkan Syahadat)
    2. Istiqomah dengan hati (Mengerjakan segala perbuatan dengan niat baik dan jujur)
    3. Istiqomah dengan jiwa (Senantiasa mengerjakan ibadah dan kepatuhan kepada Allah SWT secara terus-menerus dan menyambung).
  • Dari An Nawawi : Bertahan dalam ketaatan (Kitab Riyadusshalihin) / Tetap dalam kepatuhan dan di atas jalan yang lurus dalam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT”.
  • Dari Ar Raaghib : Istiqomah itu tidak berubah dari jalan yang lurus.
  • Dari Mujahid : Istiqomah adalah komitmen terhadap kalimat syahadat dan tauhid sampai bertemu dengan Allah SWT.
  • Dari Ibnu Taymiah : Istiqomah dalam mencintai dan beribadah kepada Allah SWT tanpa menoleh ke kanan kiri.


Keep Istiqomah Artinya apa sih ?


Akhir-akhir ini kita sering menjumpai tulisan Keep Istiqomah dimana-mana, biasanya yang sering kita jumpai yaitu pada gambar-gambar islami ataupun Islamic quotes yang bertebaran di media social, baik facebook, twitter, ataupun instagram. Kata tersebut sebenarnya gabungan antara bahasa inggris dan arap, Keep itu berarti “Menjaga”, sedangkan Istiqomah yaitu sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, sehingga Keep Istiqomah Artinya dapat kita simpulkan dengan bahasa gampangnya yaitu menjaga amal ibadah kita kepada Allah SWT secara terus-menerus dan menyambung, tiada waktu tanpa melakukan amal ibadah tersebut. seperti contohnya kita beristiqomah melaksanakan ibadah sholat sunnah 1100 rakaat setiap malam, begitulah...

Arti Istiqomah Cinta


Kemungkinan bahasa istiqomah cinta ini berasal dari pendapat Ibnu Taymiah dalam mendeskripsikan arti istiqomah yaitu Istiqomah dalam mencintai dan beribadah kepada Allah SWT tanpa menoleh ke kanan kiri. Dari pendapat tersebut sehingga munculah bahasa istiqomah cinta. Kira-kira begitulah Arti Istiqomah Cinta. Mudah mudahan kita bisa istiqomah seperti santri yah...

Arti Kata Istiqomah Dalam Bahasa Indonesia

Sebenarnya saya ingin membahs Arti Kata Istiqomah Dalam Bahasa Indonesia dari sudut pandang ilmu Gramatikal Arab namun Mas Adminnya sudah lupa karena sangkin banyaknya faedah-faedah dalam wazan-wazannya, namun jangan khawatir karena Mas Admin masih punya kitabnya sehingga tinggal dibuka saja, tetapi saat ini Mas Adminya sedang males untuk membuka kitabnya, jadi lain kali aja yah, kapan-kapan tulisan ini akan di update lagi.

Oke-oke Mas Admin akan bocorkan sedikit yah tentang hal tersebut, siap ? sedikit ajah yh…

Kata استقامة merupakan bentuk masdar dari fiil madi استقم yang mengikuti wazan استفعل gitu aja yh, sampai nanti :D
Tebarkan Kemanfaatan